7 Tips Saat Membeli Sepatu Agar Anda Tetap Hemat

yang penting bermanfaat-ngaturduit.com

Sepatu-sepatu yang tersusun rapih di etalase atau berseliweran di online shop memang selalu menggoda untuk dibeli. Bagi perempuan, selalu ada alasan untuk membeli sepatu baru, mulai dari modelnya yang lucu, nyari yang warnannya cocok dengan baju, sedang in, atau sekadar “pengen punya aja”.

Nah agar keuangan Anda tidak jebol dan kebablasan karena hobi berburu sepatu, coba deh ikuti 7 tips memilih sepatu hemat berikut ini:

Tips #1
Kenali Karakter dan Bentuk Tubuh

lose-Belly-Fat-Women

Usahakan untuk membeli sepatu yang sesuai dengan kepribadian dan bentuk tubuh Anda. Misalnya, jika Anda tidak terlalu tinggi dan bentuk kaki agak berisi, sebaiknya jangan membeli high heells atau sepatu ber hak tinggi, karena tentunya tidak cocok untuk digunakan.

Jangan memaksakan diri hanya karena ingin punya, sedang discount, modelnya lucu, atau terpengaruh omongan teman. Jangan sampai tidak merasa nyaman saat menggunakan atau kurang percaya diri, yang akhirnya sepatu tersebut dibiarkan begitu saja dan uang Anda pun terbuang sia-sia.

Tips #2
Pilih Warna Yang Netral

Shoes-with-Neutral-Colors-1

Warna dan motif sepatu yang cantik memang menggoda mata. Namun demikian untuk menghemat anggaran dan tidak harus sering membeli, pilihlah sepatu dengan warna-warna yang netral seperti hitam, putih, krem (beige), atau coklat.

Warna-warna tersebut biasanya mudah masuk ke hampir semua warna baju, sehingga Anda lebih mudah melakukan padu padan saat berbusana.

Tips #3
Tak Apa Sedikit Mahal, Asal Berkualitas

giphy

Harga berbanding lurus dengan kualitas. Ya, untuk menghemat anggaran sepatu, tidak ada salahnya untuk membeli sepatu yang berkualitas dibandingkan dengan membeli sepatu yang harganya murah namun kualitasnya kurang bagus, cepat rusak, dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Sepatu yang berkualitas baik biasanya tampilannya lebih oke, dipakainya lebih nyaman, dan lebih awet, sehingga bisa digunkan lebih lama dan tidak harus sering membeli yang baru.

Tips #4
Pilih Jenis Sepatu Yang Paling Sering Dipakai

statik.tempo.co

Agar Anda selalu siap dan tidak panik untuk segera membeli sepatu baru yang cocok untuk setiap occasion/acara, usahakan untuk membeli dan memiliki beberapa model sepatu standar yang paling sering dipakai, seperti misalnya sepatu formal, sepatu santai, dan sepatu olah raga.

Jangan lupa untuk memilih warna yang netral untuk koleksi dasar sepatu tersebut untuk memudahkan kamu mencocokkannya dengan busana yang ada.

Tips #5
Ikuti Tren dengan Cerdas

fashion-shoes-style-trend-Favim.com-234151

Hampir semua item fashion, termasuk sepatu, modelnya selalu berubah berdasarkan tren yang berlaku. Untuk menjaga agar dompet Anda tidak kebobolan, Anda harus secara cerdas mengikuti tren yang ada.

Ketika sedang naik daun, harga sepatu bisa sangat melambung tinggi, dan perlu diingat, bahwa tren tertentu pada akhirnya akan usang dan tergilas perkembangan model fashion terbaru.

Pikirkanlah bahwa dengan tidak membeli sepatu tersebut, Anda bisa membeli sepatu model lain yang harganya lebih bersahabat, dan sisa uangnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lain.

Anda juga tetap bisa membeli barang sesuai tren yang sedang hits, tetapi pertimbangkan kenyamanan dan umur model dari sepatu yang ingin dibeli. Jika sepatu nyaman, meski modelnya tidak terlalu baru, Anda akan tetap bahagia untuk menggunakannya. Dan sepatu dengan model yang baik biasanya akan bisa dipadupadankan dengan fashion lain.

Tips #6
Belilah di Toko Online Terpercaya

gif_serena_shopping_online

Untuk membeli sepatu online, bisa disesuaikan dengan karakter Anda. Ada orang yang tidak bisa membeli sepatu tanpa mencobanya terlebih dahulu, namun ada pula yang bisa. Jika Anda ingin berbelanja online, faktor terpenting adalah beli di tempat yang terpercaya.

Toko online yang baik biasanya akan memberikan pelayanan yang maksimal dan menjual barang sesuai asli tidak hanya bagus di iklan saja. Toko online yang baik juga biasanya memberikan fasilitas tanya-jawab yang memungkinkan Anda untuk mencari informasi lengkap sebelum melakukan pembelian.

Untuk model yang sudah umum, seperti sepatu olah raga yang model dan ukurannya lebih standar. Anda juga bisa mencoba model yang sama terlebih dahulu ketika jalan-jalan di mall dan mampir toko sepatu olah raga dan membelinya di toko online ternama. Ingat jangan beli yang tidak asli karena kemungkinan rasa pemakaiannya tidak akan sama.

Toko online memiliki beberapa kelebihan, antara lain diskon. Biasanya barang yang dibeli online bisa lebih hemat dari yang dibeli offline. Dengan ini Anda bisa berhemat dan mendapatkan model yang sesuai keinginan.

Tips #7
Beli di Waktu yang Tepat

tumblr_mx27lnBhKz1qc1jg4o2_400

Anda bisa menghemat biaya sepatu dengan membelinya di waktu yang tepat. Mall dan tempat perbelanjaan biasanya memberikan discount besar-besaran di waktu-waktu tertentu, seperti misalnya ketika end season setelah momen hari raya (Ramadan, Idul Fitri, Natal, atau Imlek) atau pada momen tahun baru, ketika toko-toko mengadakan cuci gudang untuk menghabiskan stok dagangannya.

Demikian tadi beberapa tips dalam memilih dan membeli sepatu agar Anda tetap bisa menjaga penampilan namun kondisi keuangan bisa tetap sehat. Semoga bermanfaat ya ☺