7 Tips Mengatur Keuangan untuk Anda yang Berencana Menikah

rencana pernikahan-ngaturduit.com

Menikah tak melulu berhubungan dengan urusan cinta, namun juga dengan kesiapan mental dan tentunya material. Nah, kalau restu orang tua sudah di tangan, tidak usah menunggu terlalu lama, segera persiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk urusan budgeting pernikahan.

Berikut ini ada beberapa tips keuangan yang bisa Anda cermati untuk mempersiapkan sebuah pernikahan.

Tips #1
Tentukan Waktu & Konsep Pernikahan, Hitung Anggarannya dan Mulailah Menabung

cf863440-1605-0133-50af-0ec273752cbd

Jika memang sudah mantap, penting bagi Anda dan pasangan untuk membahas secara serius waktu pernikahan dengan pihak-pihak yang terkait, khususnya pihak keluarga.

Jika sudah ada tanggal yang pasti, hitunglah berapa lama waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan pembiayaannya. Jangan lupa untuk juga menententukan konsep pernikahannya. Hal ini berkaitan dengan dana yang harus disiapkan dan bagaimana cara memenuhinya.

Jika Anda berdua bekerja, mulailah untuk menyisihkan sebagian gaji untuk biaya pernikahan. Ada baiknya untuk membuat satu rekening khusus agar lebih fokus dan jelas pencatatannya.

Kurangi aktivitas kencan yang memakan biaya seperti hangout di café atau nonton bioskop. Ganti aktivitas tersebut dengan kegiatan seru lainnya yang tidak banyak memakan biaya, seperti misalnya joging bareng di akhir pekan atau nonton dvd bersama di rumah.

Menabung juga tidak selalu harus dalam bentuk uang. Anda bisa menabung souvenir dengan membuatnya sendiri atau mencicilnya beberapa keperluan pokok pernikahan, seperti misalnya barang-barang seserahan.

Tips #2
Uruslah Segala Sesuatunya Sendiri dan Optimalkan Apa yang Ada

WEDDING-PHOTOGRAPHER-TAMPA-BAY2

Untuk meminimalisasi pengeluaran, usahakanlah untuk mengurus segala sesuatunya sendiri (tidak perlu menggunakan jasa wedding organizer), serta pesanlah beberapa hal dari jauh-jauh hari agar lebih murah.

Tidak ada salahnya memanfaatkan bala bantuan dari keluarga, sahabat, atau rekan untuk meringankan beberapa urusan. Dalam hal ini faktor kenalan sangat dibutuhkan, khususnya untuk mendapatkan beberapa diskon seperti penyewaan gedung, rias pengantin, katering, atau bahkan jasa gratisan untuk mendesain undangan pernikahan, menjadi MC, tim dokumentasi pre-wedding & hari H, hingga menjadi penerima tamu.

Anda tidak perlu membeli semua item pernikahan. Manfaatkanlah jasa penyewaan yang ada, seperti misalnya baju pengantin dan seragam para pendamping, hingga item-item dekorasi.

Tips #3
Minimalisasi prosesi & acara untuk menekan pengeluaran

anigif_optimized-4696-1441905308-10

Jika dana yang dimiliki terbatas, usahakan untuk meminimalisasi beberapa prosesi untuk menekan pengeluaran, seperti misalnya acara adat sebelum atau sesudah pernikahan, atau acara hiburan live di waktu resepsi.

Gabungkan beberapa acara penting ke dalam waktu dan lokasi yang sama, seperti misalnya menggabungkan acara lamaran dan pengajian keluarga, atau acara akad dengan resepsi di hari yang sama.
Hal ini selain bisa menghemat energi, juga bisa mengefektifkan biaya konsumsi, transportasi, dan biaya jasa lainnya.

Tips #4
Manfaatkan Sumber-Sumber Pembiayaan Tambahan Lainnya

2f6e994a3c3b846a763aba3dc9e70268

Manfaatkan bantuan dana dari pihak-pihak lain untuk meringankan beban pembiayaan, seperti misalnya sumbangan dari orang tua atau kerabat, atau tunjangan pernikahan dari kantor.

Tips #5
Menyiasati Biaya Mas Kawin.

image006-2

Mas kawin merupakan salah satu syarat yang sebaiknya diberikan berdasarkan kerelaan. Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk menyediakan mahar dalam jumlah besar jika memang kemampuannya terbatas.

Untuk yang beragama Islam, Anda bisa memberikan seperangkat alat sholat dan sejumlah nominal uang yang besarannya sesuai tanggal spesial Anda berdua. Misalnya Rp. 1.122.015,- yang mewakili tanggal jadian kalian, yaitu 1 Desember 2015.

Tips #6
Awas Jangan Sampai Berutang

855

Hal penting yang harus diingat adalah bahwa jangan sampai ANda memaksakan diri untuk menyelenggarakan pernikahan yang mewah dengan cara berutang. Esensi penyelenggraan pernikahan adalah mengikat janji di hadapan Tuhan dan menyampaikannya kepada khalayak untuk menghindari fitnah.

Untuk itu jangan sampai setelah pernikahan selesai Anda berdua terbebani utang. Karena tentunya bukan hal yang baik mengawali rumah tangga dengan sejumlah utang.

Tips #7
Manfaatkan hadiah pernikahan untuk bekal berumah tangga

drippppz-640

Dalam acara pernikahan nanti, beberapa teman atau kerabat akan memberikan hadiah, apakah itu berupa barang atau uang.

Manfaatkanlah hadiah tersebut sebagai pengganti tabungan Anda yang terpakai, serta sebagai tambahan bekal untuk mulai membangun rumah tangga. Tidak ada salahnya juga untuk menyisihkannya sebagian uang tersebut untuk mentraktir beberapa orang yang banyak berkontribusi dalam proses pernikahan kalian.

Demikian beberapa tips pengaturan keuangan yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan. Semoga bermanfaat.