6 Alasan Belanja Online Saat Diskon Membantu Anda Berinvestasi

keyboard-621830

Gemar berbelanja? Suka mengikuti tren terbaru dan membelinya? Namun di sisi lain tak ingin dompet kita terkuras habis. Belanja online dan berburu diskon bisa menjadi jawabannya. Kok, bisa?

Enam alasan di bawah ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang gemar berbelanja tetapi tidak ingin boros. Berbelanja saat diskon adalah salah satu taktik agar meski Anda membelanjakan sesuatu namun tetap ingin mengeluarkan uang secara cerdas. Bahkan dengan berbelanja online, Anda tetap bisa berinvestasi. Penasaran, berikut panduan sedehana.

 

1. Didesain untuk memudahkan

E-Commerce sebetulnya dirancang untuk kota-kota dengan tingkat kemacetan tinggi. Kenapa? Karena e-Commerce pada prinsipnya membantu kita menghemat pengeluaran dan waktu untuk membeli barang yang kita inginkan. Cukup lewat smartphone, kita bisa memesan banyak barang yang kita inginkan di banyak toko berbeda dalam waktu bersamaan.

Dengan mengurangi biaya kendaraan, Anda bisa menghemat minmal uang bensin dan parkir. Belanja online memang ada ongkos kirim juga, tetapi biayanya bisa lebih murah dari beli bensin.

2. Banyak kupon promo

Beberapa lapak e-Commerce biasanya merilis kupon voucher yang membuat kita bisa berhemat beberapa ratus ribu rupiah. Memang, beberapa kupon voucher agak tricky, dengan membatasi penggunaan kupon untuk pembelian di atas harga tertentu, tapi, toh, memang itulah gunanya potongan harga, kan?

Voucher seperti ini bisa digunakan terutaman untuk pembelian dalam jumlah agak banyak. Misalnya kebutuhan rumah tangga sebulan sekali atau jika itu produk fashion, Anda bisa ‘menabung’ kebutuhan pakaian untuk beberapa bulan ke depan.

3. Diskon kartu kredit

Seperti pasangan sejoli, kartu kredit dan e-Commerce kadang saling dukung untuk memudahkan kita berbelanja. Tenang, jangan buru-buru terpancing membeli semua barang dengan kartu kredit. Kita bisa menggunakan beberapa promo diskon dari kartu kredit atau bahkan menukar poin kita untuk pembelian barang.

Satu catatan penting tetap cerdas dan teliti untuk melihat, mana promo kartu kredit yang memang benar memberikan penghematan atau yang memang hanya untuk menarik perhatian saja.

4. Bebas pilih lapak termurah

Dulu, untuk mencari harga termurah, kita harus memutari pusat perbelanjaan dan keluar-masuk toko beberapa kali. Sekarang, cukup buka beberapa lapak di e-Commerce dalam waktu bersamaan, kita sudah bisa menemukan harga paling pas dengan dompet kita.

Anda bisa pula menggunakan alat bantu seperti situs pembanding harga. Tidak perlu keluar ongkos cukup biaya internet Anda sudah bisa melakukan penghematan dengan membeli barang termurah.

5. Rahasia: e-Commerce pasti lebih murah!

Sudah jadi rahasia umum, e-Commerce di Indonesia memang pasti menawarkan harga lebih murah ketimbang toko konvensional. Kenapa? Karena inilah cara mereka agar kita mau membeli di lapak mereka.

Pertumbuhan e-Commerce di satu sisi akan menguntungkan konsumen karena mereka mau tidak mau harus bersaing dengan harga toko offline. Ini menyebabkan biasanya mereka akan memberikan harga lebih murah. Selain itu, dengan sistem online biaya pajang toko bisa dikurangi, yang berpengaruh pada murahnya harga jual.

6. Berburu diskon

Suka barang tertentu di toko? Jangan tergoda buru-buru membelinya. Tahanlah keinginan kita hingga sebulan atau – paling lama – dua bulan, barang tersebut pasti didiskon. Toh, waktu dua bulan masih belum membuat kita tertinggal tren, bukan?

Kalau mau lebih murah lagi, tunggu hingga beberapa bulan selanjutnya. Karena pasti diskonnya makin besar lagi. Ini mirip dengan program diskon dengan tema Late Night Shopping yang rutin digelar mall-mall besar.

 

Hasil penghematan yang dilakukan dengan cara di atas bisa disimpan, atau lebih cerdas lagi jika digunakan untuk berinvestasi. Meski terdengar mudah namun jika dilakukan Anda akan terkejut karena insetasi dari penghematan yang dilakukan bisa cukup besar. Apalagi jika dilakukan secara rutin, nilai investasi yang Anda lakukan bisa bertambah terus.

Berbelanja online bukan hanya sekedar tren atau melulu tentang kemudahan, tetapi jika dilakukan secara cerdas bisa juga sebagai alat bantu berinvestasi. Berawal dari penghematan dan berujung mendapatkan imbal balik dengan berinvestasi. Dan pada akhirnya belanja online bisa membantu Anda untuk berinvestasi.