5 Cara Agar Tidak Terjerat Tagihan Kartu Kredit

Transaksi Kartu Kredit - NgaturDuit.com

Penggunaan kartu kredit telah menjadi gaya hidup, apalagi mereka yang tinggal di perkotaan. Tidak sembarang orang bisa memiliki kartu kredit, Anda harus memenuhi berbagai syarat jika ingin memiliki sebuah kartu sakti ini, yang sepintas mirip dengan kartu debit.

Kartu kredit dapat menjadi alat pembayaran pengganti uang tunai baik barang ataupun jasa, baik online atau offline, meski tidak semua tempat. Hanya lokasi yang mendukung pembayaran kartu kredit saja yang memungkinkan menerima cara pembayaran ini.

Saat Anda menggunakan kartu kredit baik untuk belanja offline atau online, biasanya ada banyak promo atau cashback yang diberikan oleh penyedia kartu. Selain untuk berbelanja, kartu kredit juga bisa Anda digunakan untuk mengambil uang tunai melalui kartu kredit, meski dengan biaya yang cukup mahal. Untuk pembayaran kartu kredit Anda juga dapat memilih opsi pembayaran dengan mencicil.

Namun Anda tetap harus waspada akan kesehatan keuangan Anda. Kemudahan yang diberikan kartu kredit terkadang membuat penggunanya terbuai, dan melupakan bahwa memiliki kartu kredit tidak lepas dari biaya dan bunga yang berlimpah. Kadang malah bisa menjerat kondisi keuangan Anda jika tidak hati-hati menggunakannya.

Oleh karena itu, trik-trik mudah di bawah ini, akan bisa membantu Anda untuk lebih berhati-hati menggunakan kartu kredit dan tidak terjerat tagihan yang membludak.

 

1. Hindari pembayaran minimum

Gap Inc. To Announce Q2 Earnings

Jangan tergoda dengan fasilitas yang diberikan bank atau perusahaan penerbit kartu kredit dengan sistem pembayaran minimum tagihan. Lebih baik membiasakan untuk membayar penuh tagihan setiap bulannya, ingat kartu kredit bukan kartu cicilan tetapi alat pengganti pembayaran tunai.

Fasilitas pembayaran minimum tagihan diperuntukkan bagi nasabah tertentu, misalnya yang akan belum memiliki uang tunai tetapi akan memilikinya setelah tengat waktu pembayaran. Apabila Anda rutin melakukan pembayaran dengan jumlah minimun, jangan heran jika menerima bunga yang makin besar dan berlipat. Bunga tersebut berasal dari bunga tagihan yang belum lunas dan ditambahkan ke jumlah tagihan selanjutnya.

Jika Anda sudah terlilit dengan bunga dari pembayaran minimum, sebaiknya Anda berhenti menggunakan kartu kredit dan meminta pihak bank untuk mengganti tenggat waktu pembayaran.

2.Lakukan pembayaran sebelum tenggat waktu pembayaran

bg2

Anda beberapa biaya-biaya yang dikenakan untuk pemilik kartu kredit, termasuk biaya late charge (biaya keterlambatan). Besarnya biaya keterlambatan adalah tiga persen dari total tagihan. Untuk menghindari biaya keterlambatan, sebiaknya lakukan pembayaran dua hari sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini juga untuk menghindari jika terjadi permasalahan pada jaringan transaksi ATM.

3. Mengatur pembelian (belanja)

shoping

Sebelum berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, ada baiknya jika Anda merencanakannya terlebih dahulu. Mendata barang-barang apa saja yang dibutuhkan, dan mencari tahu merchant mana yang dapat memberikan diskon atau cashback jika melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Setelah sampai di tempat perbelanjaan, fokuskan diri Anda untuk tetap membeli barang-barang yang sudah Anda catat.

4. Tidak melakukan transaksi melebihi batasan

63599117445069034851416622_gossip-girl-shopping

Bagaimana bisa transaksi melebihi limit? Karena mesin EDC pasti akan menolaknya.

Kalimat seperti itu bisa jadi terlintas di benak Anda. Transaksi melebihi batasan (limit) dapat terjadi jika terdapat sisa saldo tagihan (hutang) yang terus bertambah bersama bunganya. Biaya yang dikenakan untuk transaksi yang melebihi batasan adalah lima persen dari kelebihan batasan (limit).

5. Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit

giphy

Untuk kondisi normal, memiliki dua kartu kredit atau lebih hanya akan menyulitkan Anda dalam mengontrol pengeluaran tiap bulan. Selain itu, memiliki kartu kredit terlalu banyak membuat Anda semakin terjerumus dalam gaya hidup yang konsumtif.

Dari beberapa tips di atas, dua hal yang paling penting yang harus Anda jaga saat menggunakan kartu kredit adalah cermati setiap transaksi yang Anda keluarkan dan bayarlah sebelum tenggat waktu pembayaran.

Memiliki kartu kredit bukan untuk gaya-gayaan, fokus yang harusnya Anda miliki adalah menjaga kesehatan keuangan dan mengatur agar bisa memiliki dana untuk simpanan dan investasi.