3 Perencanaan Keuangan yang Utama

Sudah lebih 5 tahun saya berprofesi di dunia perencana keuangan. Selama perjalanan 5 tahun, bisa saya katakan permasalahan standar yang dipertanyakan oleh mereka yang akan menggunakan jasa financial planner adalah, apa saja rencana keuangan yang saya butuhkan dan mahal tidak sih bayar jasa perencana keuangan?

 

Kali ini saya akan coba untuk menjawab keduanya yaitu Anda akan tahu apa rencana keuangan yang Anda butuhkan. Dan otomatis biaya menjadi efisien karena tidak semua rencana keuangan diambil. Dengan asumsi Anda sebagai sebuah keluarga, maka perencanaan keuangan harus berhubungan dengan keluarga juga.

 

Maka perencanaan utama yang harus kita miliki sebagai sebuah keluarga adalah:
1. Perencanaan keuangan pendidikan anak.
2. Perencanaan keuangan pensiun atau hari tua.
3. Perencanaan keuangan proteksi.

 

Cukup 3 perencanaan keuangan utama ini.

Jadi kalau nanti Anda ingin menggunakan jasa perencana keuangan, cukup minta 3 hal penting ini sebagai dasar. Kalau mau tambah yang lain sih oke saja seperti rencana pembelian rumah, rencana ibadah dll. Tapi yang harus dimiliki sebagai dasar hanya 3 ini. Bila kita perhatikan ada 2 investasi dan 1 proteksi. Nah bila ternyata Anda blm mampu utk mempersiapkan ketiganya. maka yang harus Anda miliki sebagai keharusan adalah perencanaan proteksi. Sedangkan bila Anda sudah memiliki anak, maka prioritas adalah pendidikan anak dan proteksi.

 

Perencanaan proteksi menjadi penting karena proteksi adalah pelindung pencapaian tujuan Anda. Jadi bisa dikatakan bila kita sdh berani punya tujuan, sbg jaminannya adlh proteksi agar tujuan tadi psti tercapai. Pendidikan anak didahulukan sebelum pensiun. sebagai wujud tanggung jawab pada orang yang kita cintai dan masa depan anak dan Anda. Sedangkan pensiun masih bisa dikesampingkan sebab bila Anda bekerja sebagai karyawan.

 

maka minimal ada uang pesangon saat Anda pensiun. Kalau Anda wirausaha, Anda punya asset yang bisa di likuidasi. Dengan demikian, cukup 3 tujuan yang Anda ajukan kepada financial planner untuk dibuatkan, Dengan demikian, cukup 3 tujuan yang Anda ajukan kepada financial planner untuk dibuatkan. Otomatis biaya menjadi ringan khususnya bila Anda meminta jasa perencanaan keuangan ke perusahaan. yang bisa memberikan jasa secara ritel dan tidak harus komprehensif semua.

 

Sebagai gambaran saja, beberapa planner mematok biaya rencana komprehensif mulai dari 15 juta – 30 juta, yang terdiri dari 5 – 8 rencana keuangan. Katakan bila Anda hanya minta 3 diantaranya, maka sdh pasti nilai yang harus Anda bayarkan menjadi lebih efisien. Katakan bila 5 rencana adlh 15 juta, maka Anda hanya hrs bayar 9 juta utk rencana yang benar-benar Anda butuhkan.  Jadi tidak perlu bayar mahal untuk jasa perencanaan keuangan, sepanjang Anda tahu apa yang Anda butuhkan.