3 Investasi Murah Tapi Tidak Murahan

investasi untuk masa depan - ngaturduit

Tipe orang untuk berinvestasi berbeda-bera. Ada yang memiliki dana dan berani mengambil resiko seperti berinvetasi pada properti, pasar derivatif atau bisnis franchise. Namun, ada pula orang yang memiliki semangat investasi tinggi namun tidak dibarengi modal yang cukup.

Jika Anda merupakan golongan kedua, sebenarnya ada beberapa alternatif investasi murah yang bisa dipilih oleh mereka yang memiliki modal terbatas. Alternatif investasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh investor yang belum berani berinvestasi dengan risiko dan dana yang besar.

Apa saja jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal terbatas? Berikut beberapa contohnya.

1. Surat Hutang (Obligasi) Ritel Pemerintah

surat hutang

Pemerintah secara berkala mengeluarkan surat hutang. Di masa lalu, surat hutang tersebut dinikmati oleh pihak asing karena hasil return yang lumayan menarik bagi mereka. Dengan tujuan agar bunga return bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia, pemerintah mengeluarkan surat hutang ritel, contohnya ORI (obligasi ritel indonesia) yang nilainya mulai dari Rp.5.000.000,00 (lima juta rupiah). Selain ORI ada juga Savings Bond Ritel (SBR).

Investasi semacam ini memiliki nilai pertumbuhan keuntungan yang memang tidak terlalu besar, namun karena yang berhutang adalah negara, tingkat risiko gagal bayar sangat kecil.

2. Reksa Dana

reksadana

Prinsip kerja reksa dana adalah mengumpulkan dana investor untuk nantinya diinvestasikan kembali ke berbagai portofolio seperti saham atau obligasi perusahaan.

Tidak semua reksa dana menetapkan angka investasi yang besar, ada pula yang mensyaratkan nilai investasi dengan jumlah yang ringan, bahkan ada yang dimulai dari Rp.100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Instrumen keuangan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi dengan dana terbatas.

3. Investasi Emas

investasi emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup mahal jika dibeli dalam jumlah banyak. Namun jika Anda mencicilnya sedikit demi sedikit, emas bisa menjadi pilihan investasi murah yang biayanya cukup terjangkau.

Terlebih saat ini ada beberapa lembaga keuangan yang memberikan layanan tabungan atau pembiayaan emas murni bersertifikat, yang bisa dilakukan secara mengangsur dengan besaran tetap sesuai kemampuan.

Itu tadi 3 alternatif investasi murah yang bisa dipilih untuk mengembangkan modal yang Anda miliki. Ingat bahwa langkah yang besar diawali oleh langkah-langkah yang kecil. Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai berinvestasi!