11 Istilah Reksadana Dasar yang Harus Anda Diketahui

Investasi-reksadana-NgaturDuit

Reksadana adalah salah satu cara berinvestasi yang mudah dan murah sertta bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Berbagai jenis reksadana bisa dipilih berdasarkan jangka waktu dan kebutuhan. Konsep syariah pun ikut mewarnai reksadana. Pmbelian reksadana pun kini semakin mudah karena Anda bisa membelinya di salah satu marketplace di Indonesia.

Namun, bukan berarti kemudahan yang diberikan oleh reksadana ini terhindar dari risiko. Oleh sebab itu, sebelum Anda terjun memilih dan membeli reksadana, ada baiknya Anda mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dimulai dari mengenal istilah-istilah yang sering digunakan dalam reksadana, seperti di bawah ini

 

Manajer Investasi

Manajer Investasi adalah manajemen profesional yang melakukan kegiatan kelola atas beragam sekuritas atau surat berharga untuk mencapai target investasi yang memberikan keuntungan bagi investor. Manajer Investasi bisa perorangan atau perusahaan dan diberi kewenangan oleh investor dalam mengelola aset mereka. Reksadana termasuk dari aset investor yang bisa dikelola oleh Manajer Investasi.

 

Bank Kustodian

Bank Kustodian adalah lembaga keuangan yang telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk melakukan tugas sebagai administrator, pengawas, dan menjaga aset reksadana. Administrator di sini mencatar segala kegiatan yang berhubungan dengan MI ataupun investor. Sedangkan aset yang dimaksud adalah mencakup semua jenis sekuritas termasuk saham atau obligasi dan perhiasan atau aset berharga lainnya.

 

KIK (Kontrak Investasi Kolektif)

Salah satu bentuk dari reksadana berupa kontrak antara Manager Investasi dan Bank Kustodian yaitu lembaga keuangan yang bertugas untuk menyimpan dan menjaga berbagai asset perusahaan investasi yang juga mengikat investor sebagai pemegang unit penyertaan. Di dalam Kontrak Investasi Kolektif (KIK) wajib ditetapkan hak dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang ada dalam kontrak bersangkutan.

 

Transaksi Switching

Transaksi yang disebabkan karena ada pengalihan dari reksadana yang satu ke lainnya seluruh unit ataupun sebagian tergantung dari keputusan investor. Investor tidak perlu lagi melakukan redemption saat melakukan pemnidahan dana ke reksadana lainnya. Dalam hal transaksi pengalihan reksadana, Manager Investasi memiliki kebijakan sendiri. Namun, transaksi pengalihan reksadana ini harus diketahui oleh prospektus karena tidak semua jenis produk reksadana diizinkan.

 

Prospektus

Gabungan antara profil perusahaan dan laporan tahunan yang menjadikannya dokumen penting bagi perusahaan atau lembaga untuk memberikan gambaran nilai saham perusahaan tersebut untuk ditawarkan ke publik untuk dijual. Umumnya pembuatan prospektus dibantu oleh pialang saham yang berperan sebagai manager penerbitan saham.

 

NAB (Nilai Aktiva Bersih)

Sering disebut juga dengan asset under management . NAB yaitu berupa jumlah dana yang dikelola oleh suatu reksadana mencakup kas, deposito, saham, dan obligasi. Nilai aktiva bersih tidak menggambarkan harga suatu reksadana.

 

NAB/UP (Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan)

Harga suatu reksadana dan transaksi dilakukan berdasarkan nilai tersebut. NAB/UP akan berubah setiap harinya dan dipengaruhi oleh harga pasar dari reksadana dan perubahan dana kelolaan yaitu asset under management.

 

Subscription dan redemption

Subscription merupakan biaya untuk membeli reksadana sedangkan redemption yakni biaya untuk menjual reksadana. Biaya redemption lebih besar dibandingkan biya subscription. Keduanya biasanya dinyatakan dengan persentase tertentu dari jumlah investasi, umumnya berkisar 0% hingga 5%.

 

UP (Unit Penyertaan)

Satuan ukuran dalam reksadana yang menunjukkan jumlah penyertaan yang dimiliki investor dalam reksadana sesuai dengan portfolio efek yang disimpan dan dihitung oleh Bank Kustodian.

 

Portofolio efek

Kumpulan surat berharga, termasuk saham obligasi, unit penyertaan reksadana yang telah dijual dalam penawaran umum serta surat pengakuan utang, surat berharga komersial, tanda bukti utang.

 

Transaksi Disbursement

Sebuah pelunasan atau pencairan sebagian unit yang dimiliki investor. Insiator dari transaksi disbursement berasal dari Manager Investasi bukan investor. Intruksi disbursement dari Manager Investasi kepada Bank Kustodian berupa total amount yang akan dilunasi, rate dalam satuan unit, dan dalam satuan persentase. Dan umumnya Manager investasi telah menetapkan jadwal dari disbursement.

Itu dia istilah dasar yang bisa Anda pelajari sebelum memutuskan untuk memilih reksadana sebagai sarana investasi Anda. Masih banyak lagi istilah-istilah dalam reksadana yang harus Anda ketahui sebenarnya tetapi istilah di atas adalah langkah awal. Sebelum memilih reksadana, sebaiknya Anda menggali informasi dan membandingkan penyedia reksadana yang satu dengan yang lain.